19 Februari 2011

10 Tips agar Disukai oleh Orang Lain


Inilah hal-hal yang perlu dihindari ketika sedang bicara:

1. Hindari memadamkan semangat orang lain dengan menceritakan pengalamanmu yang lebih hebat dari pada yang dikatakannya. biarlah orang lain merasa puas menceritakan pengalamannya. Hanya orang yang memiliki harga diri rendah yang memberikan kesan lebih hebat dan
berusaha mengalahkan orang lain.

2. Jangan membuat orang lain menyesali keputusannya dengan menunjukkan keliruannya, kecuali kalau kamu benar-benar diminta berkomentar. Misalnya teman kamu membeli motor bekas yang menurut kamu kemahalan, biarkan saja kalau dia menyukainya. Kalau teman kamu bangga dengan hp barunya yang menurut penilaianmu jelek, tahan lidah untuk mengomentarinya.

3. Jangan kamu memberi nasehat kalau tidak diminta, kecuali kalau kamu yakin itu terbaik. Kalau teman kamu mencurahkan isi hati kepada kamu, mungkin yang dia perlukan hanya telinga dan hatimu, bukan nasehatmu.
4. Berusahalah untuk menjelaskan apapun secara jelas, lugas, dan dengan bahasa yang sederhana. Penjelasan yang paling lebar dan diulang-ulang bisa membuat orang lain kesal dan kehilangan kesabaran. Tidak perlu menggunakan bahasa atau istilah-istilah yang keren hanya untuk menunjukkan bahwa kamu orang pandai.

5. Hilangkan kebiasaan jeda yang lama dan berulang-ulang ketika berbicara. Kalau kamu mempunya kebiasaan seperti itu, berusahalah untuk memperbaikinya sebelum bertambah banyak orang yang diam-diam menjauhimu karena menganggap kamu membosankan.

6. Hilangkan kebiasaan memonopoli pembicaraan. Meskipun kamu pandai bicara, ada saatnya kamu perlu berhenti dan membaeri kesempatan kepada orang lain. Kamu belum pantas disebut pembicara yang baik kalau kamu masih suka merampas hak orang lain untuk bicara dan hak untuk didengar.
7.Jangan mefokuskan pembicaraan pada diri sendiri. Apa yang menarik bagimu belum tentu menarik bagi orang lain. Mungkin kamu bisa bicara berjam-jam mengenai hobimu, tapi itu belum menarik bagi orang lain. Pembicara yang baik adalah memfokuskan pembicaraan pada apa yang disukai orang lain.

8. Jangan membiasakan diri berbohong, melebih-lebihkan atau mendramatisir apa yang sedang kamu bicarakan supaya kedengarannya lebih hebat, lebih menarik dan lebih memukau. Untuk sementara mungkin kamu bisa membuat orang lain terkagum-kagum. Tapi lama-kelamaan orang bisa menilaimu sedang membual setiap kali kamu bicara.

9. Jangan berlagak sok tahu. Tidak perlu mesara malu untuk mengatakan tidak tahu, dan tidak perlu gengsi untuk bertanya. Semua orang umumnya ahli dalam satu atau dua bidang, tapi awam untuk bidang lain. Banggalah dengan bidang yang kamu kuasai, tapi jangan tutupi kebohonganmu dibidang lain dengan berlagak sok tahu.

10. Jangan memotong pembicaraan orang lain. biarkanlah dia menyelesaikan apa yang dia hendak dikatakannya. Kebiasaan memotong pembicaraan akan membuat kamu tampak ceroboh dan tidak tahu aturan.